You are here

Home

STANDARISASI PUSKESMAS

STANDARISASI PUSKESMAS

                Pembangunan kesehatan sebagai bagian dari pembangunan nasional mempunyai tujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajad kesehatan masyarakat yang optimal. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 tentang kesehatan pasal 5 menyebutkan bahwa setiap orang mempunyai hak dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang aman, bermutu dan terjangkau.

Mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Jawa Timur, Tahun 2009-2014, pembangunan kesehatan dilaksanakan dengan strategi meningkatkan akses dan kualitas pelayanan kesehatan terutama bagi masyarakat miskin.

Pelayanan Puskesmas harus memenuhi public safety dalam rangka melindungi kepentingan pasien, masyarakat dan petugas. Pelayanan Puskesmas harus dilakukan sesuai standar input, proses dan output, maka disusunlah standar Puskesmas di Jawa Timur. Dengan tersedianya standar Puskesmas maka dapat diperoleh manfaat sebagai berikut :

1.       Bagi masyarakat

Sebagai acuan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai standar

2.       Bagi Puskesmas

Sebagai acuan dalam penyelenggara pelayanan, monitoring dan evaluasi pelayanan kesehatan di Puskesmas

3.       Bagi Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/Kota

Sebagai acuan dalam mengukur kinerja pelayanan kesehatan di Puskesmas, penentuan kebijakan di Puskesmas, dan dalam perencanaan program dan anggaran

4.       Bagi Pemerintah Daerah

Sebagai acuan dalam perencanaan pembangunan, monitoring dan evaluasi pelayanan kesehatan